Kamis, 23 Juni 2016

Tips and Trik Memakai Search Engine

Pada kesempatan kali ini Utopicomputers akan memberikan beberapa tips kepada sobat komputer bagaimana cara Mengoptimalkan penggunaan mesin pencari google, agar sobat komputer bisa mencari informasi yang dibutuhkan lebih cepat dan tepat.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Mesin pencari google merupakan salah satu produk unggulan dari raksasa internet Google, selain mesin pencari google juga mempunyai banyak produk unggulan diantaranya email, google plus, youtube, google terjemahan, google book dan masih banyak lagi produk – produk yang bisa sobat komputer pergunakan, tentunya kualitas dari layanan perusahaan ini yang boleh dibilang sangat dan amat berkualitas.
Apabila sobat komputer menginginkan penggunaan mesin pencari google supaya bisa optimal ada beberapa kode – kode yang harus sobat ketahui, oke langsung aja kita bahas satu persatu.

1. Site:URL

Contoh penggunaan ” site:http://www.utopicomputers.com “
Fungsi dari kode diatas untuk menampilkan hasil pencarian dari halaman – halaman situs yang sobat maksut itu saja,  sobat tidak akan menemukan situs – situs lainya pada tiap halaman pencarian google.

2. Intitle dan allintitle

Contoh penggunaan ” intitle:Aplikasi Editing Gambar Gratisatau ” allintitle:Aplikasi Smartphone Android
Fungsi dari kode diatas untuk memfilter pencarian berdasarkan judul artikel pada halaman website berdasarkan kata kunci yang sobat ketikan dan ditambah intitle atau allintitle pada awal kata kunci.

3. Inurl dan allinurl

Contoh penggunaan ” inurl:Pengertian Processor ” atau ” allinurl:Resseter Canon IP 2770
Fungsi dari kode diatas adalah untuk mencari kata pada URL

4. Define

Contoh Penggunaan ” define:PDF
Fungsi dari kode diatas adalah untuk menemukan halaman – halaman situs yang berisi penjelasan mengenai kata kunci yang diketikan pada kotak mesin pencari diikuti kata define pada awal kata.

5. Filetype

Contoh Penggunaan ” filetype:Doc ” atau “ filetype:Totorial Komputer.PDF
Fungsi dari kode diatas adalah menampilkan hasil pencarian berdasarkan type file tertentu, misalnya apabila sobat komputer ingin mencari file dalam bentuk PDF,DOC,EXL, dan lain sebagainya

Beberapa contoh type file yang biasa digunakan adalah :

1. XLS yaitu untuk Excel (table)
2. TXT yaitu untuk Text
3. LWP yaitu untuk Lotus Wordpro
4. PPT yaitu untuk Power point
5. RTF yaitu untuk Rich Text Format
6. PS yaitu untuk Adobe Postscript
7. SWF yaitu untuk Shockwave
8. MW yaitu untuk Mac Write
Sobat juga bisa menggabungkan kode diatas misalnya dengan cara mengetikan ” filetype:PDF or filetype:doc ” agar supaya hasil pencarian akan muncul halaman dengan bertype pdf dan doc.

6. Menggunakan tanda kutip ( “….” )

Cara penggunaan “Jenis Processor
Fungsi dari kode diatas adalah sobat komputer akan menemukan halaman situs yang berjudul Jenis Processor pada urutan atas dan jenis processsor murah atau judul yang agak menyimpang akan di tampilkan diurutan bawah.

7. Menggunakan tanda + dan –

Cara menggunakan ” Aplikasi + Android
Fungsi dari kode diatas adalah digunakan untuk mengikutsertakan atau menambah sebuah istilah dalam pencarian.
sebaliknya apabila menggunakan ” Aplikasi -Android ” pencarian akan menyingkirkan hasil pencarian Android.

8. Info:Domain

Contoh Penggunaan ” Info:utopicomputers.com
Fungsi dari kode diatas adalah untuk mengetahui informasi mengenai situs yang akan dicari
Itu beberapa Cara menggunakan Mesin pencari Google agar sobat komputer bisa mengasilkan pencarian dengan optimal, sebenarnya masih banyak kode – kode yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan penelusuran di google, tetapi kode – kode diatas adalah kode – kode yang sering digunakan dan yang paling banyak bermanfaat untuk mengoptimalkan pencarian sobat dengan menggunakan mesin pencari google. semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi sobat sekalian yang membaca artikel ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A : Toleransi B : Kedudukan C : Pemimpin D : Masyarakat Pokok Pikiran 1. Hadirnya Presiden dalam acara Kajian Ramadhan 2. Terlihatnya...