Kamis, 23 Juni 2016

Sidoarjo Bersih Hatinya



Kabupaten Sidoarjo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangketasusila
Sidoarjo sendiri memiliki berbagai macam wisata, Antara lain :



  • Candi Pari Candi pari yang berdiri di tengah – tengah desa Candi Pari , Kecamatan Porong ( 15 Km arah selatan Sidoarjo ) adalah satu – satunya candi peninggalan kerajaan mojopahit yang bentuk sempurnanya berpola Candi Khamer ( Birma ) dan Champa ( Thailand ). Hingga saat ini bentuk Candi Pari yang nyeleneh dari pola umum percandian Mojopahit itu belum ditemukan. Ciri khas pola bangunan candi Mojopahit selalu langsing padabagian tubuh ( tengah ) dan trapezium pada bagian atap / mahkota dan selalu terbuat dari bahan batu emas. Candi Pari yang dibuat oleh penguasa Mojopahit pada tahun 1293 Saka / 1917 masehi ini berbentuk kubus , tanpa ada pembagian yang stereotip antara batur, tubuh, dan mahkota .
Satu – satunya cirri Mojopahit  hanyalah bahannya yang terbuat dari batu merah. Panjang candi pari ini 16,86 m , lebar 14,10 m, dan tinggi 13,40 m sehingga terkesan pendek dan lebar. Sementara pola umum candi Mojopahit selalu berorientasi vertikal.
Candi pari ini terdiri atas batur persegi empat, bagian barat menjorok keluar dengan undakan tangga pada sisi kanan – kiri menuju pintu masuk. Diatas pintu tertulis angka tahun pembuatan dan bagian dalam candi berupa ruang.
  • Kampung Batik 
Batik tulis Sidoarjo dengan bahan katun maupun sutera memiliki ciri khas tersendiri, sepeti merak dari samping dengan sayap tertutup, kupu-kupu, bunga kenongo dan kembang bayem dengan latar beras utah, cecekan dan sunduk kentang.
Sentra batik di Sidoarjo terletak di Kampoeng Batik Jetis, Desa Kenongo kec. Tulangan dan di jalan Kartini Sidoarjo.

Ada pula Kuliner asli dai sidoarjo yang semua orang pasti sudah mengetahuinya, yaitu
  •  Kupang Lontong 
Kupang termasuk makanan yang tidak bisa tahan lama, jadi begitu dibuat, sebaiknya disajikan saat masih hangat dan segar. Itulah mengapa kupang lontong yang enak adalah yang berada di dekat pesisir di mana bahan-bahan pembuatannya diperoleh. Kuliner ini merupakan hidangan sepinggan yang terdiri atas lontong, kuah petis, sate kerang, dan kupang. Ada juga tambahan irisan lento (sejenis gorengan campuran antara singkong serut, taoge dan kacang tolo). Perpaduan petis, bawang goreng, dan kupang dengan kuah asam pedas manis yang segar, menghasilkan rasa unik yang lezat. Kupang dengan tambahan lontong sangat cocok untuk dinikmati sebagai santap siang saat cuaca sedang panas.

Ciri Khas dari Kota sidoarjo sendiri adalah udang dan bandengnya, apabila berkunjung ke sidoarjo jangan lah lupa kalian beli Bandeng asap sidoarjo yang enak..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A : Toleransi B : Kedudukan C : Pemimpin D : Masyarakat Pokok Pikiran 1. Hadirnya Presiden dalam acara Kajian Ramadhan 2. Terlihatnya...