Rabu, 03 Mei 2017

Inter-Relasi
A : Musik
B : Seni
C : Eksistensi
D : Gamelan
Pokok Pikiran di Paragraf
1. Musik modern dan Tradisional
2. Perpaduan antara musik modern dan musik tradisional
3. Musik tradisional pada acara tertentu
4. Gamelan musik
5. Eksistensi Gamelan di AS
6. Macam Macam Jenis Gamelan
7. Gamelan Jegog sangat diminati masyarakatnya

          Musik tak hanya dapat dinikmati dengan alunan musik modern seperti gitar, piano, maupun alat musik modern lainnya, menggunakan alat musik tradisional yang sudah lama sekali tak kalah nikmatnya ketika hal itu dibunyikan dengan sangat menawan. alunan melodi demi melodi yang keluar dari alat musik tersebut membuat penikmatnya seakan merasakan kembali ke zaman saat alat musik itu populer.
          Tepat pada 25 februari lalu saat wisuda, saya secara tidak sengaja mendengarkan dentuman alat musik tradisional yang sangat indah berpadu dengan alat musik tradisional lainnya. tak hanya itu yang membuat saya geleng geleng yaitu adanya perpaduan antara musik tradisional dengan alat musik modern. memang awalnya terasa asing jika seseorang itu tak dapat mengerti musik. tetapi, ketika lama kelamaan saya mendengarkannya saya larut dalam musik tersebut.
        "tung tak tung tak tung" mungkin seperti itulah bunyi yang bisa saya sedikit gambarkan. Dentuman musik itulah yang sempat saya dengarkan dan membuat saya merasa kagum akan keindahan instrumen nya, musik modern yang berpadu dengan musik tradisional memberikan warna tersendiri dalam prosesi wisuda saat itu. Hening sejenak ketika musik itu bermain seakan menghipnotis manusia yang berada didalamnya.
         Gamelan merupakan alat musik yang sudah dikenal pada abad ke 18 ini menghasilkan dentuman yang indah bila dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya. keindahan bunyi yang dihasilkan oleh Gamelan membuat warna musik didalamnya menjadi berbeda. Tak hanya itu, gamelan menjadi alat musik yang merupakan penentu ketukan bagi sebuah lagu.
            Pada saat ini Gamelan sudah mulai dikenal hingga manca negara di Amerika Serikat Gamelan sudah dikenal oleh masyarakatnya dan mereka dengan tangan terbuka menerimanya. banyak yang sudah mengenal gamelan. Gamelan pun dapat dinikmati oleh seluruh kalangan dari deasa hingga anak anak. Gamelan yang dibawa oleh orang keturunan bali itu sudah menyajikan banyak lagu di sana, tak hanya lagu yang mereka sajikan tetapi juga dengan berjoget dengan beberapa tarian. (Surabaya Pagi.com)
             Masyarakat bali memang terkenal dengan alat musik tradisionalnya, di bali sendiri banyak sekali macam macam gamelan. sekitar 28 jenis perangkat gamelan yang memiliki garap, bentuk gending, warna suara, fungsi, instrumentasi, karakter dan repertoire gending yang berbeda beda. gamelan ini dibagi dalam tiga kelompok yaitu, gamelan tua, gamelan madya, dan gamelan muda.
              Gamelan Jegog merupakan jenis gamelan yang berasal dari Bali tepatnya didaerah Jembrana yang merupakan kawasan yang masih mempertahankan permainan alat musik tersebut. gamelan jegog dibuat dari jenis bambu yang sangat langka yaitu mereka menyebutnya dengan petung. karena langkanya hal tersebut menjadikan daya tarik sendiri oleh masyarakat. lalu bunyinya yang indah nan merdu membuat gamelan jegog diminati masyarakat terutama di Bali sendiri.
              


Sumber : 
Sukerna, I nyoman. 2003. Gamelan Jegog Bali. Semarang Timur. Intra Pustaka Utama  
Focus: Gamelan Music of Indonesia (ebook)
 Traditions of Gamelan Music in Java: Musical Pluralism and Regional Identity(ebook)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

A : Toleransi B : Kedudukan C : Pemimpin D : Masyarakat Pokok Pikiran 1. Hadirnya Presiden dalam acara Kajian Ramadhan 2. Terlihatnya...